Pengertian arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik
komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang
bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur von
Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John
von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua
komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer
dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit
kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan
I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
3
sub-kategori arsitektur komputer
Arsitektur komputer
ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
- Set intruksi
(ISA).
- Arsitektur mikro
dari ISA, dan juga
- Sistem desain
dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer
ini.
Arsitektur Komputer
yaitu desain komputer yang meliputi:
- Set instruksi.
- Komponen
hardware (perangkat keras).
- Organisasi atau
susunan sistemnya.
2 bagian utama
arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua)
bagian pokok arsitektur komputer:
- Instructure Set
Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer
bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
- Hardware System
Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU,
Memori, serta OS.
Inilah
cara melakukan perubahan pada arsitektur komputer
Cara-cara untuk
melakukan perubahan pada arsitektur, yaitu seperti:
- Membangun array
prosesor.
- Menerapkan
proses pipelining.
- Membangun
komputer multiprosesor.
- Membangun
komputer dengan arsitektur yang lain.
Berikut
ini mengukur kualitas dari arsitektur komputer
Terdapat beberapa
atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas komputer, diantaranya :
- Generalitas.
- Applicability
(Daya Terap).
- Efesiensi.
- Kemudahan
Penggunaan atau pemakaian.
- Daya Tempa
(Maleability).
- Dan daya Kembang
(Expandibility).
Dan
inilah faktor yang berpengaruh pada keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat
faator-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3
(tiga) diantaranya adalah:
1.
Yang pertama manfaat Arsitektural diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
2.
Kinerja Sistem.
Yaitu untuk mengukur
kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang
dapat di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS (Million
Instruction PerSecond)
- MFLOP (Million
Floating Point PerSecond)
- VUP (VAX Unit of
Performance)
Ukuran Kinerja I/O
sistem:
- Sistem Operasi
Bandwith
- Operasi I/O
Perdetik
Ukuran Kinerja
Memori:
- Memoy Bandwith.
- Waktu Akses
Memori.
- Ukuran Memori.
3. Biaya Sistem,
Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya, yaitu :
- Reliabilitas.
- Kemudahan
Perbaikan.
- Konsumsi daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface Sistem
Software.
Arsitektur komputer
merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai
atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan
bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program.
Sampai disini saja
artikel/postingan mengenai pengertian arsitektur komputer, semoga dapat
membantu teman-teman dalam memahaminya…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar